Beberapa alasan mengapa Raja Nebukadnezar II disebut raja yang kontroversial

Beliau adalah Raja Babylonia (sekarang Irak), cucu dari Raja Hammurabi. Raja ini sangat terkenal karena dalam sejarah Raja Nebukadnezar II yang membangun Taman Bergantung Babylonia. Raja Nebukadnezar lahir tahun 630 SM dan memerintah Kekaisaran Babilonia Baru pada tahun 605 SM – 562 SM atau selama 43 tahun, dan meninggal tahun 562 SM karena terserang wabah nyamuk di kerajaannya.

Raja Nebukadnezar II (gambar diambil dari gogle.com)
Raja Nebukadnezar II (gambar diambil dari gogle.com)

Beberapa alasan mengapa raja ini menjadi penuh kontroversi:

  1. Dalam sejarah, dia diceritakan telah membangun Taman Bergantung Babylonia. Dibangun untuk istrinya dengan maksud untuk mengobati kerinduan istrinya terhadap kampung halamannya di negeri Media (sekarang bagian dari Iran) yang hijau dan berbukit-bukit.  Taman yang terkenal dengan keindahannya ini sebenarnya belum ditemukan wujut fisiknya oleh para sejarawan. Beberapa sejarawan bahkan tidak mengakui keberadaan taman ini.
    Keberadaan taman ini menjadi terkenal karena disebutkan oleh beberapa penulis dan seniman terkenal, mereka menggambarkan keindahan taman ini melalui lukisan dan sastra.

    Taman Bergantung Babilonia
    Taman Bergantung Babilonia
  2. Menaklukan beberapa negeri termasuk Yerusalem, memperluas negaranya dengan mudah.
    Raja Nebukadnezar adalah salah satu dari empat raja yang terkenal  menaklukan sebagian besar bumi seperti Sulaiman, Namrud, dan Dzulqarnain.
  3. Membumihanguskan kuil The Holy of Holies di Jerusalem. Karena itu, raja Nebukadnezar juga disebut sebagai penjahat dalam Alkitab.
  4. Presiden Saddam Husein menganggap dirinya sebagai reinkarnasi Nebukadnezar Saddam Husaen adalah presiden Irak ke-5 periode 16 Juli 1979 hingga 9 April 2003.  Presiden Saddam Husein pernah memerintahkan untuk membuat tulisan
    “Untuk Raja Nebukadnezar dalam pemerintahan Saddam Hussein”
    dipahatkan pada batu-batu bata yang disisipkan dalam tembok-tembok kota kuno Babilon dalam proyek rekonstruksi yang dimulainya. Ia menamai salah satu divisi pasukan khususnya (“Republican Guards” sebagai “Divisi Nebukadnezar”).

    Presiden Saddam Husein
    Presiden Saddam Husein
  5. Raja Nebukadnezar beberapa kali disebut sebagai Nebukadnezar Agung dalam Alkitab, yaitu pada Daniel 1:1 dan Yeremia 25:11.

Mungkin masih ada beberapa hal yang membuat raja ini begitu kontroversial, tapi saya baru menemukan 4 hal diatas, akan saya update jika saya menemukan hal yang baru tentang Raja Nebukadnezar :).

referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Nebukadnezar_II

(Raja Babylonia yang terkenal menulis hukum-hukum Hammurabi di sebuah tugu yang kemudian dikenal dengan Tugu Peringatan Hammurabi).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s