Fakta tentang Cleopatra VII, sang Ratu Mesir

Cleopatra adalah Ratu Mesir terakhir Dinasti Ptolemeus. Sebagai seorang Ratu, Cleopatra VII (yang kemudian lebih dikenal dengan nama Cleopatra saja) sangat terkenal melalui banyak drama dan kecantikannya. Banyak drama, puisi, dan film yang beredar tentang Cleopatra.

Salah satu film yang bercerita tentang Cleopatra
Salah satu film yang bercerita tentang Cleopatra

Artikel ini  adalah rangkuman dari  buku yang berjudul Cleopatra – Sebuah Biografi yang ditulis oleh Duanne W. Roller. Berikut beberapa fakta tentang Cleopatra yang belum yang ditulis di buku karya Duanne W Roller ini:

Buku Cleopatra - Sebuah Biografi karya Duanne W Ruller.
Buku Cleopatra – Sebuah Biografi karya Duanne W Ruller.

1. CLEOPATRA HIDUP PADA ABAD PERTAMA SEBELUM MASEHI

Lahir pada tahun 69 SM, Cleopatra menjadi Ratu ketika masih berumur 18 tahun tepatnya pada 51 SM, memerintah bersama dengan adeknya Ptolemeus XIII yang kecil karena adanya penolakan terhadap wanita yang memerintah sendirian. Cleopatra meninggal 20 tahun kemudian, tepatnya tahun 30 SM.

2. CLEOPATRA ADALAH WANITA YANG CERDAS

Cleopatra dikenal sebagai seorang diplomat ulung, panglima angkatan laut, administrator, ahli bahasa, dan pemimpin yang trampil dalam mengatur kerajaannya bahkan saat kerajaan sedang dilanda perang saudara dan diusik oleh Romawi.

3. CLEOPATRA TERLALU BERAMBISI MENJADI PENGUASA SEHINGGA DIA MEMBUNUH SAUDARA-SAUDARANYA

Cleopatra memiliki 4 saudara, yaitu Berenike IV, Ptolemeus XIII, Arsinoe IV, dan Ptolemeus XIV. Berenike dibunuh oleh ayahnya sendiri, Ptolemeus XII. Arsinoe melakukan penghianatan terhadap Cleopatra, dijadikan Ratu Siprus oleh Julius Caesar tahun 47 SM kemudian dibuang ke Efesus, dia dibunuh ditempat yang sama tahun 41 SM oleh Antonius atas permintaan Cleopatra.  Sedangkan saudara laki-laki Cleopatra, Ptolemeus XII dan Ptolemeus XIV mengalami kematian yang tidak wajar dan dapat dipastikan mereka juga dibunuh oleh Cleopatra.

4. CLEOPATRA MEMILIKI 4 ANAK, TETAPI KEEMPAT ANAKNYA LAHIR TANPA MEMILIKI AYAH (LAHIR TANPA ADANYA STATUS PERNIKAHAN YANG SAH)

Cleopatra memiliki 4 anak yang keempat-empatnya lahir tanpa adanya status perkawinan yang resmi. Anak pertama yang bernama Caesarion (anak ini sengaja diberi seperti Caesar karena Cleopatra ingin anaknya diakui sebagai anak Caesar), anak ini diperkirakan adalah anak Caesar, tapi sang Jendral tidak mengakuinya tapi mengijinkan namanya digunakan oleh Caesarion. Anak kedua dan ketiga lahir kembar yang bernama Ptolemous Helikous dan Cleopatra Selene, ayah biografisnya adalah Antonius, diapun mengakui kalau itu adalah keduanya adalah anaknya, tapi saat itu Antonius dan Cleopatra tidak menikah. Sedangkan Cleopatra melahirkan anak keempat, yaitu Ptolemeus XV saat masih berstatus single.

5. CLEOPATRA MERUPAKAN PENGUASA TERAKHIR DINASTI PTOLEMEUS

Setelah Cleopatra meninggal, kerajaan Mesir diambil alih oleh Oktavianus dan dijadikan salah satu distrik Romawi. Oktavianus kemudian membunuh anak pertama Cleopatra, Caessarion, anak Antonius dan keponakan Cleopatra untuk memusnahkan keturunan Dinasti Ptolemeus dan memastikan bahwa tidak ada keturunan Caesar yang hidup (anak-anak Cleopatra yang lain tidak dibunuh, tapi Oktavianus  berhasil menyingkirkan mereka dari Mesir).

6. TIDAK ADA YANG TAHU DIMANA SEBENARNYA MAKAM CLEOPATRA

Walaupun Cleopatra adalah seorang ratu yang sangat terkenal bahkan sampai beberapa abad selanjutnya, tidak ada yang tahu dimana persisnya Cleopatra dimakamkan. Beberapa sejarahwan beranggapan dia dimakamkan bersama Antonius di pemakaman yang dekat dengan Kuil Isis, tapi ada yang beranggapan dia dimakamkan bersama leluhurnya yang lain disuatu tempat. Dimanapun dia dimakamkan, ketenaran saat dia masih hidup tidak sebanding dengan saat dia sudah meninggal. Mungkin ini disebabkan karena ketidaksuakaan rakyat Mesir terhadap penguasa wanita tunggal di zamannya, ketidaksukaan ini juga dia tidak mendapat tanggapan yang baik dalam histografi yang didominasi oleh laki-laki pada zamanya.

7. MENINGGALNYA CLEOPATRA

Banyak yang mengira bahwa Cleopatra bunuh diri dengan ular berbisa. Tetapi hal  itu belum bisa dibuktikan. Cleopatra memang bunuh diri karena dia tidak mau menjadi ratu Mesir yang  diarak dalam kemenangan Romawi. Saat ditemukan, tubuh Cleopatra terdapat tusukan sebesar jarum atau peniti yang diperkirakan bekas gigitan ular atau bekas suntikan racun mematikan. Para ahli masih memperdebatkan bagaimana ular berbisa bisa dibawa masuk ke kediaman Cleopatra. Kisah kematian Cleopatra menjadi sangat dramatis karena beberapa pujangga yang hidup setelah Cleopatra membumbui ceritanya.

Review Buku:

Sebagai buku yang membahas tentang biografi seseorang, ada beberapa kelebihan dan kekurangan buku ini menurut saya. Kelebihan buku ini adalah bahasa penulis sangat mudah dipahami, dia menggunakan bahasa yang lugas dan meminimalisir penggnaan istilah-istilah yang rumit dengan penyampaian yang baik, jadi seperti kita mendengaran cerita dari seseorang. Sedangkan kekurangan dari buku ini alur ceritanya tidak runtut (tidak urut) sehingga menyulitkan pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s