10 Alasan Mengapa Buaya Layak Disebut MONSTER

Siapa yang tak kenal dengan buaya. Salah satu hewan purba yang masih ada sampai sekarang. Fisiknya yang sangat mengerikan dan perilakunya yang garang membuat hanya dengan melihatnya saja bisa membuat bulu kudu merinding. Menurut saya, buaya sangat layak disebut sebagai monster. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa buaya layak disebut monster yang mengerikan:

BUAYA2

  1. Buaya adalah salah satu hewan purba yang masih ada sampai sekarang

Buaya merupakan salah satu hewan purba yang masih ada sampai sekarang. Dilansir dari BBC News, fosil buaya terbesar yang ditemukan sebesar bus besar ditemukan di Tunisia. Pada zaman purba, buaya disebut sebagai raja kadal tempur.

BUAYA

  1. Buaya adalah hewan yang besar

Seekor monster pastilah harus memiliki ukuran yang besar. Buaya memiliki ukuran yang besar, massa buaya muara bisa mencapai 400 – 1000kg, buaya nil 220 – 550 kg, buaya amerika 400 – 500 kg, dan buaya rawa 40 – 200 kg. bayangin saja, buaya dengan berat 40 kg aja ukurannya pasti sudah sangat besar dan mengerikan, apalagi yang beratnya 1000 kg!!!

  1. Buaya bisa hidup di air tawar, air asin dan air payau.

Berbeda dengan hewan air lainnya seperti ikan, hiu, dan lain-lain yang hanya bisa hidup di air tertentu saja, buaya bisa hidup disemua jenis air. Memang beberapa jenis buaya seperti alligator, caiman dan gaviar hanya bisa hidup di jenis air tertentu, tapi buaya sejati bisa menolerir air asin dan air payau.

  1. Buaya memiliki rahang yang sangat kuat

Buaya dapat menggigit mangsanya dengan kekuatan yang luar biasa, kekuatannya bisa mencapai 5.000 psi (pounds per square inch, setara dengan 315 kg/cm2) sangat jauh dibandingkan dengan kekuatan gigitan anjing rottweiler yang hanya 335 psi atau hiu yang berkisar 400 psi.

  1. Buaya memiliki Dermal Pressure Reseptor (DPR) diseluruh permukaan tubuhnya .

Dermal Pressure Reseptor (DPR) merupakan lubang hitam kecil yang berfungsi sebagai sensor perubahan tekanan air disekitarnya, sehingga buaya dapat mengetahui apa pergerakan mangsa disekitarnya.

  1. Buaya merupakan hewan berdarah panas

Hewan berdarah panas memiliki reseptor otak untuk mengatur suhu tubuh ditubuh, artinya mereka memiliki suhu tubuh lebih stabil, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan panas dari dalam tubuhnya dengan cara berkeringat atau kalau buaya dengan membuka mulutnya lebar-lebar agar panas dalam tubuh keluar.

  1. Buaya bisa beraksi di dua alam, yaitu di darat dan di air

Buaya merupakan hewan akuatik, kemampuannya dalam menangkap mangsa didalam dan dipermukaan air tidak diragukan lagi, dan buaya juga sangat lincah saat mengejar mangsa didarat. Kecepatan lari buaya muara bisa mencapai 24 – 29 km, sedangkan buaya nil mencapai 30 – 35 km. Saya tidak yakin kalau manusia dikejar buaya bisa lolos dengan mudah, tetapi gak melulu buaya lari kok kalo mengejar mangsanya, buaya dengan berat ratusan kilo pasti malas lari kalau mangsanya sudah terlanjur jauh (sepertinya begitu sih J)

  1. Lama hidup buaya sangat panjang, bisa mencapai 70 – 100 tahun

Buaya muara bisa hidup selama 70 tahun sedangkan usia buaya nil bisa mencapai 100 tahun.

  1. Perkembangbiakan buaya, produksi telurnya sangat banyak

Sekali bertelur, buaya bisa menghasilkan banyak telur. Jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai 80 biji dalam sekali bertelur. Tetapi tentu saja, tidak semua telur dapat selamat sampai tumbuh dewasa.

  1. Buaya bisa memanjat pohon

Walaupun masih jarang penelitian yang mengulas tentang perilaku buaya yang satu ini. Dikutip dari liputan6.com memang sudah menjadi rahasia umum bahwa buaya purba sangat lihai dalam memanjat, sedangkan buaya modern memanjat untuk mencari tempat yang paling enak untuk berjemur.

buaya3

Dari alasan-alasan diatas, buaya sangat layak mendapat predikat monster air dangkal dan daratan. Jadi jangan coba-coba bermain-main dengan buaya ya, apalagi saat buaya sedang bertelur, karena buaya adalah makhluk paling bringas yang saat ini masih ada.

Referensi: Dari berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s